4 Faedah Menonton Film Menurut Keterangan dari para Ahli

Selama masa pandemi ini, tidak sedikit yang menyarankan untuk menyaksikan film. Berdasarkan keterangan dari pendiri dan CEO Tribeca Enterprises dan Tribeca Film Festival, Jane Rosenthal, film mempunyai peran menarik yang powerful dalam menginspirasi dan membulatkan orang-orang dari lintas negara. Lantas, apa sebenarnya akibat serta guna yang diserahkan film untuk penontonnya? Berikut penjelasannya.

1. Film menolong kita belajar

Dari menyaksikan film, saya dan anda bisa belajar tidak sedikit tentang momen-momen tertentu dalam masa-masa atau persepsi yang bersamaan. Dengan kata lain, film dapat menyusun sudut pandang di dalam diri kita mengenai bagaimana mengetahui dunia yang anda tinggali ketika ini. Contohnya film BlacKkKlansman yang memakai cuplikan dari aksi unjuk rasa era-Trump pada inti film. Langkah ini memposisikan film sebagai meditasi pada politik kontemporer. Atau sutradara Alfonso Cuarón yang sudah mengusung masalah ras, budaya, dan ruang belajar yang tetap relevan sampai saat ini dalam film dokumenter Romaa yang diciptakan pada tahun 2018.

2. Film bisa mendorong evolusi sosial

Setiap film ilk21 mempunyai perpektifnya setiap dan dapat memunculkan empati atau kriteria pertanyaan bermuatan politik. Faktor berikut yang bisa mengilhami sebuah evolusi sosial. Berdasarkan keterangan dari peneliti Yale, kesadaran masyarakat akan evolusi iklim sudah meningkat semenjak tayangnya film The Day After Tomorrow (2004). Film dokumenter Blackfish tahun 2013 yang menggaris bawahi masalah industri wisata laut pun telah memblokir acara orca yang kontroversial. Sekarang terdapat kesadaran bahwa andai Anda hendak menceritakan kisah yang beragam, ini tidak saja tentang mempekerjakan aktor yang berbeda.

Anda mesti memiliki kumpulan penulis yang pelbagai dan orang beda yang tercebur dalam produksi. Pernyataan McQuire ini digambarkan lewat film Black Panther yang meraih nominasi gambar terbaik dari Oscar. Saat tersebut sedang ramai tagar #OscarSoWhite yang mempersoalkan kurangnya keberagaman – terutama untuk orang berkulit hitam, wanita dan komunitas LGBTQ – dalam ajang nominasi penghargaan film tersebut. Kesuksesan Black Panther sudah menghancurkan usulan bahwa film orang kulit hitam tidak bisa berkembang.

3. Film menolong kita menanggulangi waktu sulit

Tentu saja faedah utama dari film ialah untuk menghilangkan stres. Tetapi menurut keterangan dari Dr. Danks, andai melihat ke film lebih dalam, saya dan anda bisa merasakan guna terapeutik. Jillian Lynch, seorang psikoterapis di Sydney, Australia mengatakan, “Film menyerahkan kesempatan untuk penonton guna mengenali diri mereka melewati karakter atau unsur dari narasi film guna menjalani perubahan.” Dr. Lynch menuntaskan tesisnya dengan mengankat praktik psikoterapis dan psikolog memakai film atau dinamakan cinematerapi.

Dalam praktik, diketahui siapa saja yang melakukan pembelian tiket film komedi guna menghibur diri atau berpindah ke cerita cinta tragis guna menangis sesudah putus hubungan. Dengan kata lain, film bisa menjadi ruang yang aman di mana saya dan anda bisa menemukan model peran pilihan untuk diidentifikasikan. Lalu mereka meneliti perilaku karakter-karakter tersebut saat mengatasi kendala yang serupa dengannya.

4. Film menolong kita menghargai karya seni

Film sering disaksikan sebagai format hiburan, namun perlu dikenang bahwa film pun satu dari hasil karya seni. Baik buruknya film bakal terasa ketika disaksikan saat kencan kesatu. Orang bakal menilai film mana yang sesuai ditonton pada kondisi tertentu. Hal ini saja sudah mengindikasikan bagaimana orang menilai suatu karya. Berdasarkan keterangan dari Ian Davidson Presiden Dewan Perfilman di Australia, film lebih gampang diterima ketimbang kitab atau format cerita lainnya. Film pun adalahkarya seni dengan bentuk yang lebih gampang untuk diakses dan dinikmati ketimbang galeri.

Ketika menyaksikan film, anda tidak melulu dihibur. Kita bisa mengagumi sesuatu yang indah. Belajar mengenai dunia dan diri anda sendiri, terhubung dengan komunitas, dan berkontribusi terhadap evolusi sosial yang positif. Yang sangat penting, “semuanya akan berlalu dalam dua jam,” kata Davidson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *