7 Fakta mengenai Sejarah Minuman Boba

Jual Popping Boba Jelly~Minuman boba menjadi menu minuman sangat populer sepanjang tahun 2019. Well, siapa yang nggak suka dengan minuman dengan bola-bola tapioka yang kenyal dan manis ini? Bubble boba yang terbenam dalam larutan susu, kemudian diguyur dengan ekstra sirup gula merah.
Tapi, sebenarnya anda tahu nggak, sih, sejarah boba ini? Dari mana ia berasal? Siapa penemu boba? Seperti apa menu minuman boba kesatu di dunia? Kok, boba ini dapat jadi paling hype laksana sekarang? Kamu belum jadi penyuka boba sejati bila belum tahu sejarahnya! Melansir dari Food and Wine, ini sejarah minuman boba yang menarik!

1. Minuman Boba berasal dari Taipei

Faktanya, kebiasaan minum boba ini bermula dari selama akhir tahun 1980-an dan dipercayai berasal dari Taipei. Di kota tersebut, teh susu atau milk tea sudah menjadi minuman terkenal. Pada ketika itu, es serut dan bola tapioka pun telah menjadi menu pencuci mulut yang populer. Terutama pada ketika musim panas yang terik, penjaja makanan seringkali memadukan tiga jenis menu menjadi satu hidangan, yaitu milk tea, es serut, dan bola tapioka. Penyajiannya sendiri dibuka dengan menempatkan bola tapioka pada unsur bawah wadah, lantas lapisan es serut, dan diselesaikan dengan milk tea yang memenuhi keseluruhan wadah.

2. ‘Boba’ berasal dari bahasa slang China

Minuman yang memadukan milk tea, es serut, dan bola tapioka ini lantas dikenal dengan nama boba. Tahu kenapa? Sebenarnya, nama ‘boba’ sendiri adalahbahasa slang guna ‘dada’ di China, yang menjadi referensi untuk format bola tapioka yang bulat.

3. Berkembang menjadi tidak sedikit rasa

Menjadi menu minuman sangat favorit, kreasi boba nggak melulu sampai di sini saja, Bela. Boba berkembang seiring berjalannya masa-masa dan menyebarnya menu tersebut di negara Taiwan. Banyak penjual santap memperkenalkan kreasinya sendiri, laksana ada yang menggunakan gabungan bubuk dan sirup buah. Lalu di samping boba, tidak sedikit penjual yang meluangkan pilihan topping lain laksana grass jelly, almond jelly, pudding telur, dan kacang merah. Bahkan pada menu aslinya, ada penjaja yang menawarkan opsi krimer non-susu sebab waktu penyimpanan yang tahan lama. Hasilnya, minuman boba ini mempunyai cita rasa yang manis dan creamy.

4. teknik membuat minuman boba

Sebenarnya, menciptakan minumannya mudah, Bela. Hanya, bagian sangat sulit dan penting ialah menyiapkan bola tapiokanya. Bersyukurlah sebab sudah terdapat yang menjualnya bola tapioka dalam format kering. Kamu bermukim merebusnya sekitar 30 menit dan mendinginkannya sekitar 30 menit. Kelezatan minuman boba tergantung pada tekstur bola tapiokanya. Kalau terlampau squishy, bola-bola tersebut akan saling menempel dalam wadah. Kalau terlampau keras, akan sulit untuk dikunyah. Bahkan, terdapat kata eksklusif dalam bahasa China yang dipakai untuk mengindikasikan kesempurnaan tekstur bola tapioka, yakni ‘QQ’ yang berarti kenyal.

5. Penyajian minuman boba

Setiap minumam boba disajikan dengan satu sendok bola tapioka, kemudian dibuntuti dengan teh atau jus yang memenuhi wadah, lalu diselesaikan dengan es yang banyak. Di masa kini, terdapat gelas plastik khusus guna penyajian minuman boba dengan penutup plastik pada unsur atas, serta sedotan dengan diameter yang besar. Juga, tidak sedikit penjual boba menawarkan dosis gula dan teh yang bisa disesuaikan dengan kemauan pembeli. Jadi, pembeli bisa menilai tingkat kemanisan atau kadar susu minumannya sendiri.

6. Menjelajah dari Taiwan ke Amerika

Pada awalnya, minuman boba menjadi di antara menu yang dijajakan oleh penjaja di pasar malam di Taiwan, dan tersebut nggak tidak jarang kali dapat ditemukan. Namun seiring berjalannya waktu, menu minuman ini jadi minuman yang tidak jarang kali ada di pusat jajanan malam di negara itu. Baik tersebut dalam format sajian aslinya, maupun kreasi lainnya. Lalu mulai pada tahun 90-an, boba menjadi hype besar di Amerika Serikat, mengekor perpindahan penduduk Taiwan ke negara adidaya tersebut serta tumbuhnya kebiasaan nongkrong di kafe sebab munculnya tempat laksana Starbucks.

7. Sempat meredup, dan menjadi tren lagi

Tren minuman boba ini sempat redup pada tahun 2000-an. Namun, pulang hidup saat munculnya franchise laksana Boba Guys yang menawarkan minuman boba berbobot | berbobot | berkualitas terbaik dengan keadaan tempat yang nyaman. Terlebih lagi, minuman laksana jus aloe dan coconut water dihidangkan dengan ekstra jeli sehingga menciptakan orang-orang akrab dengan minuman dengan topping kenyal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *