Kelebihan Dan Kekurangan Honda City Hatchback Beserta Harganya

  • Share

Honda City Hatchback sudah resmi dikenalkan di Indonesia pada mula Maret 2021. Untuk yang hendak membelinya, Carmudi sudah rangkum keunggulan dan kelemahan mobil ini, serta harga Honda City Hatchback 2021. Honda Jazz telah tidak dipasarkan lagi di Tanah Air pada akhir Februari 2021. Honda City Hatchback memang direncanakan guna menggantikan Jazz. Salah satu dalil City Hatchback dinilai sesuai menggantikan Jazz yakni karakter dua-duanya yang sama. City Hatchback mempunyai karakter sporty, performa mesin baik, dan desain anggun yang melekat dengan Jazz. Di Indonesia, Honda City Hatchback ditawarkan melulu dalam satu varian, yakni RS yang berstatus CKD (Completely Knock Down).

Sejak peluncurannya, Honda City Hatchback menjadi pembicaraan hangat di kalangan semua pecinta otomotif, terutama penggemar brand Honda. Berdasarkan keterangan dari mereka yang pro, mobil ini dinilai pantas menggantikan Honda Jazz dengan baik, sedangkan untuk mereka yang kontra, City Hathcback dirasakan tidak memiliki jati diri. Disebut hatchback, namun dimensinya lumayan panjang. Honda City Hatchback memiliki ukuran panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm, serta jarak sumbu roda 2.600 mm. Bagi harganya, Honda City Hatchback dipasarkan mulai ekuivalen Rp289 juta On The Road (OTR) Jakarta. Buat konsumen yang berjiwa muda, Honda telah meluangkan City Hatchback dalam sejumlah varian warna, yakni Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda City Hatchback:

Kelebihan

1. Mesin Bertenaga Kuat

Honda City Hatchback telah ditenggelamkan mesin baru yang performanya lebih baik dari model sebelumnya. City Hatchback memiliki mesin dengan kode L15ZF berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, i-VTEC. Tenaga mesin itu dapat menerbitkan tenaga sebesar 119 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga mesin City Hatchback ini lebih banyak jika dikomparasikan dengan Jazz. Honda Jazz mempunyai mesin L15A berkapasitas 1.497 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 118 hp dan torsi puncak 145 Nm. City Hatchback juga diklain sebagai mobil yang mempunyai tenaga sangat besar di ruang belajar kompak hatchback segmen B.

Tenaga mesin mobil ini nantinya disalurkan melewati dua opsi transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan otomatis CVT. Menariknya, transmisi manual 6 percepatan ini melulu ada di pasar Indonesia. Bahkan di Thailand, mobilnya tidak dipasarkan yang memakai transmisi tersebut. Beberapa orang lumayan menyayangkan City Hatchback yang dipasarkan di Indonesia sebab mobil itu yang versi Thailand telah mengandalkan mesin dengan turbo. Tapi, kapasitasnya melulu sebesar 1.000 cc, 3 silinder, VTEC dengan turbo.

2. Interior Mewah

Kelebihan kedua dari Honda City Hatchback ialah mempunyai interior yang mewah, bahkan lebih mewah bila dikomparasikan dengan Honda Jazz. Honda City Hatchback sudah memakai bahan kulit berbobot | berbobot | berkualitas dengan jahitan merah di pintu samping, shift knob, serta setir kemudi. Pada unsur jok kursi, memakai kombinasi dari tiga bahan, yakni fabric, kulit, dan kain bahan suede yang bisa joknya nyaman ketika diduduki. Di samping itu, ketiga bahan ini pun dipadukan dengan dua aksen warna, yaitu hitam dan merah. Uniknya, jok pada mobil ini memakai fitur ultra seat. Dengan adanya fitur tersebut, pemakai dapat memilih 4 mode bertolak belakang sesuai kemauan di unsur kursinya. Mode-modenya antara beda tall mode, utility mode, refresh mode, serta long mode. Tak ketinggalan, jok kursi unsur depan dapat direbahkan sampai ke jok kursi belakang. Ini menguntungkan untuk pengemudi maupun penumpang yang hendak merasakan sensasi tiduran laksana di sofa lokasi tinggal selama perjalanan.

3. Fitur Canggih

Di samping mempunyai fitur ultra seat laksana yang sudah diterangkan sebelumnya, Honda City Hatchback pun sudah disematkan sekian banyak fitur modern lainnya untuk menyerahkan kenyamanan sempurna untuk pengemudi dan semua penumpang mobil ini. Terdapat head unit seluas 8 inci touch screen (layar sentuh). Melalui head unit ini, pemakai dapat mendengar lagu kesenangan lewat bluetooth, USB, radio, serta head unit-nya pun mempunyai fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Tak melulu itu, terdapat pun fitur multi angle dan kamera mundur. Fitur itu dapat menyerahkan kemudahan untuk pengemudi ketika parkir mundur. Saat fiturnya dinyalakan, head unit City Hatchback akan menyerahkan tampilan mobil dari terlihat normal, wide, serta top view.

Disematkan pula fitur cruise control, smart key, start/stop button, audio steering switch, dan handsfree telephone with voice recognition. Namun sayangnya, instrument cluster pada mobil ini masih memakai model analog. Di sisi lain guna fitur keamanan, ada airbag 6 titik sebagai fitur standar, rem BA, ABS dan EBD, brake override system, serta vehicle stability assist (VSA) yang dapat memastikan keselamatan pemakai ketika mobil berbelok. Ada pun fitur sensor parkir, seatbelt reminder, emergency stop signal, Hill Start Assist (HSA), dan APAR atau perangkat pemadam kebakaran. Tak ketinggalan, City Hatchback telah mengandalkan rangka G-CON+ACE yang kokoh.

Kekurangan

1. Ban Berisik

Meski Honda City Hatchback mempunyai kekedapan ruang kabin yang baik, tetapi suara bannya masih terdengar ketika mobil ini diangkut berkendara di kecepatan tinggi. Ini tentunya meminimalisir kenyamanan pemakai. Disarankan memasang peredam suara di spatbor mobil ini untuk mengurangi suara bannya yang berisik.

2. Ruang Kepala Belakang Sempit

Bagi penumpang yang mempunyai tinggi di atas 170 cm, bakal merasa tidak nyaman ketika duduk di kursi belakang City Hatchback sebab kepalanya mentok dengan atap mobil tersebut.

3. Hanya Ditawarkan Satu Varian

Seperti diketahui, City Hatchback melulu ditawarkan dalam satu varian, yaitu RS. Dengan demikian, semua calon konsumen tidak punya pilihan lebih tidak sedikit saat hendak membeli mobil ini. Pihak Honda melulu menawarkan dua opsi transmisi, yakni manual 6 percepatan dan CVT. Honda Jazz dulu dipasarkan dalam dua varian, yaitu RS dan standar. Selain tersebut salah satu kompetitornya, Toyota Yaris, punya tidak sedikit varian yang ditawarkan, dimana totalnya 8 varian. Padahal semakin tidak sedikit varian yang ditawarkan, semakin menyerahkan kemudahan untuk calon konsumen yang hendak membeli City Hatchback cocok bujet.

harga City Hatchback OTR Jakarta menurut situs resmi Honda.

• City Hatchback RS M/T Rp289 juta
• City Hatchback RS CVT Rp299 juta

Untuk anda yang tingggal di seputaran kota banjarmasin yang ingin membeli mobil dengen merek City hatchback dan jenis honda lainnya, anda bisa kunjungi website Honda Banjarmasin terlebih dahulu agar anda tidak salah pengertian saat datang ke dealer honda banjarmasin.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *