Resep Dodol Khas Ambon Dengan Aroma Kayu Manis

Bukan melulu Garut, dodol pun dapat ditemukan di Ambon. Hanya saja, namanya ialah asida, yang punya rasa manis dan tekstur kenyal yang tentu akan menciptakan Anda langsung terkenang dengan dodol. Meski begitu, asida memiliki wewangian kayu manis yang khas.

Di samping itu, makanan ini juga seringkali hanya ditemukan ketika bulan Ramadhan saja, sampai-sampai tak heran bila asida tidak sedikit diliput di dalam Berita Ambon pada ketika bulan puasa. Padahal, asida sebetulnya camilan khas Arab, lho!

Oh iya, kita juga dapat kok mencoba menciptakan asida sendiri. Jadi, kita yang telah tak sabar hendak mencicipinya tanpa mesti datang ke Ambon langsung jelas dapat membuatnya di rumah. Simak resepnya inilah ini, ya!

Resep Asida

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 150 gr gula merah, sisir
  • 250 ml air
  • 8-10 butir biji kapulaga, tumbuk
  • 2 lbr daun pandan
  • 2-3 sdm mentega
  • Garam, secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Siapkan suatu panci, lantas tuangkan air dan masukkan kapulaga tumbuk, daun pandan, kayu manis, gula merah, dan garam. Panaskan sekitar 3-5 menit, atau sampai air mendidih. Ketika telah mendidih, masukkan mentega dan terus aduk hingga mentega mencair. Matikan api, lalu pisahkan dan dinginkan.
  2. Setelah air mendingin, saring air supaya terpisah dari ampasnya. Jika air sudah berlalu disaring, campur dengan tepung terigu, lantas aduk adonan hingga rata.
  3. Siapkan panci atau kuali lagi, kemudian tuang adonan yang telah diciptakan di tahapan nomor 2 ke dalam wadah tersebut. Masak diatas api kecil, dan terus aduk agar adonan tidak gosong. Aduk hingga tekstur adonan menjadi kental serupa dengan adonan dodol. Gunakan sendok kayu ketika mengaduk untuk fasilitas Anda.
  4. Jika adonan telah mengental sepenuhnya, matikan api dan pisahkan terlebih dahulu supaya dingin. Kemudian, format adonan serupa sebuah gunung atau mangkok terbalik dengan lubang di unsur tengahnya. Ke dalam lubang tersebut, tuangkan mentega cair.
  5. Asida telah siap disajikan dan dinikmati! Ternyata mudah, kan? Yuk, coba kini juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *