Yuk buat katalog elektronik di Word dengan gampang!

 

Software Procurement Siapa yang tidak kenal Word Doc? Software untuk menulis ini digunakan oleh hampir semua netizen. Ternyata MS Word punya salah satu fitur bagus yang dapat dipakai membuat katalog elektronik. fitur ini memungkinkan Anda untuk menulis katalog produk dengan sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Mau tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkah mudah membuat katalog elektronik pakai MS Word di bawah ini!

  • Pertama-tama buat data produk di Excel

Excel punya fitur table yang memudahkan Anda Menyusun produk dan kode sesuai urutan. Daftar ini nantinya bisa dipakai untuk menambahkan informasi di Word. Tulis lah informasi kategori yang akan Anda masukkan. Misalnya nama produk, ukuran, warna, harga. Input semua informasi produk di kolom sebelahnya. Usahakan format satu produk dengan produk lainnya sama. Setelah selesai, jangan lupa untuk Save File.

 

  • Desain MS Word

Mulailah dengan membuka aplikasi Word dan buat desain dengan WordArt atau kreasi Anda untuk background katalog elektronik.

Tadi kita sudah menulis format katalog di excel. Sekarang ketik ulang format kategori tersebut di MS Word. Hanya kategorinya saja

 

  • Mail merge

MS Word memiliki fitur Mail merge yang akan menggabungkan data dari excel tadi ke MS Word. Caranya mudah, pilih menu Mailing, kemudian klik Start Mail Merge dan pilih Directory. Akan muncul tombol Select Recipients. Klik dan pilihlah Existing List. Pilih kolom kategori dari file excel yang sudah disiapkan tadi dan klik Insert.

Seketika informasi produk akan muncul di MS Word. Cara ini memudahkan kita agar tidak perlu menulis berulang-ulang.

  • Insert merge field

Setelah mail merge, klik preview result untuk hasil akhirnya sebelum disimpan. Setelah itu, klik Finish & Merge pilih Edit Individual Document untuk memasukkan foto produk mengedit dokumen secara individual dan proofread per halaman. Setelah selesai, simpan file. Katalog elektronik sudah siap untuk dibagikan di platform lainnya.

Mudah bukan membuat katalog elektronik dari MS Word? Fitur Mail Merge ini memang belum banyak yang tahu karena Microsoft sendiri tidak sering menyebutkan fitur ini dalam marketing campaign mereka. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba mendesain dan bikin sendiri katalog elektronik Anda. Kalau Anda, software apa yang biasa Anda gunakan untuk membuat katalog elektronik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *